1. Letak Sekolah
MINU Baros Pekalongan terletak di kelurahan Baros
kecamatan pekalongan timur .Adapun bangunan MINU Baros berbatasan dengan
lingkungan perumahan penduduk yakni :
Sebelah Timur perumahan
penginapan Al Barokah dan terminal bus Pekalongan , sebelah seletan perumahan
penduduk RT 01 RW 02 , sebelah barat perumahan penduduk RT 01 RW 01 , sebelah utara jalan raya baros dan
show room batik Mahkota
Agung.
Bangunan gedung
MINU Baros terdiri dari tiga unit gedung yang berbentuk leter U , sebelah
timur gedung gudang , dapur WC guru dan siswa . Dan sebelah selatan dan
barat untuk kegiatan belajar mengajar dan tempat sholat , sebelah utara gedung untuk ruang kepala sekolah , guru dan ruang perpustakaan .
Adapun luas seluruhnya adalah sebagai berikut :
Luas tanah : 1075 M2
Luas bangunan : 642 M2
Luas Halaman sekolah : 432 M2
Tanah tersebut digunakan untuk bangunan sekolah yang terdiri dari ruangan – ruangan antara lain
No |
Jenis ruang |
Jumlah |
luas
m2 |
Keadaan |
1. |
Ruang belajar |
6 |
420 |
Baik |
2. |
Ruang pengurus dan kepala sek |
1 |
42 |
Baik |
2. |
Ruang guru |
1 |
42 |
Baik |
3. |
Ruang perpustakaan |
1 |
42 |
Baik |
4. |
Ruang dapur dan gudang
|
1 |
30 |
Sedang
|
5. |
Ruang P3K
|
1 |
24 |
Baik |
6. |
Ruang sholat |
1 |
42 |
Rusak
|
|
Jumlah |
12 |
642 |
|
Keberadaan MINU
Baros sekarang tidak lepas dari Pengurus KPBS waktu dahulu dan proses
berdirinya sekolah MI memakan waktu yang cukup lama karena ada beberapa hal
yang belum dimiliki antara lain : tenaga pengajar , gedung sekolah. Sekitar tahun 1952 lokasi sebelah timur
Kantor KPBS didirikan gedung NU Cabang Batang
( wakaf warga Baros ) dan ditempat inilah diadakan SGBNU ( sekolah guru
Bantu Nahdlatul Ulama ) dan tempat RA. Masyithoh berada di gedung KPBS ( gudang tenun ). Sekitar tahun
56 segenap pengurus koperasi memacu diri untuk mendirikan sekolah yaitu MI.
Dalam
Geliat masyarakat mulai bertambah sedikit demi sedikit
tanah milik masyara- kat yang berada
disekitar sekolah di wakafkan kepada MI ( milik Koperasi , Bapak H. Abd. Syakur , Bapak Yakkub , Bapak
Walmun ). Kemudian sekitar tahun
1972 ( periode Bp. Dahmad Syah ) MII
Baros ditunjuk sebagai
Madrasah Ibtidaiyah Baros Persiapan Negeri , Dikarenakan sebagian
pengurus MII Baros beranggapan bahwa semua asset madrasah yang dimiliki akan
menjadi milik pemerintah sehingga para
pengurus juga mengurungkan / tidak menyanggupi hal tersebut.
Tahun 1989 daerah
pemekaran dimulai Desa Baros semula dalam wilayah Kabupaten Batang , sejak
tahun 1989 menjadi wilayah Kotamadya Pekalongan dan sejak tahun ini pula nama MII
( Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah ) Baros diganti nama menjadi MINU ( Madrasah
Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama ) Baros memakai nama MINU karena 100 % masyarakat
Baros dalam mengamalkan ajaran ibadahnya sesuai Ahlussunah Waljamah sesuai
dengan Organisasi Nahdlatul Ulama , Pengurus pada periode ini ( Bp. Bambang Eko
Tjahjono ) dengan musyawarah warga secara riil menjadi anggota Lembaga
Pendidikan Ma’arif NU Kota Pekalongan 2 .
3. Keadaan Tenaga Pengajar MINU Baros
status |
Jenis kelamin |
Jumlah |
Keterangan |
|
l |
p |
|||
1. Guru PAI Depag |
1 |
- |
1 |
PNS |
2. Guru Bantu PAI Diknas |
- |
1 |
1 |
GB PAI |
3. Guru Kelas |
1 |
5 |
6 |
GTY |
4. Guru Agama |
|
1 |
1 |
GTTY |
5. Guru Penjas |
1 |
|
1 |
GTY |
6. Karyawan |
1 |
1 |
2 |
KTTY |
Jumlah |
4 |
7 |
12 |
|
Siswa di MINU Baros Pekalongan secara keseluruhan berjumlah 251 siswa Sesuai dengan tahun pelajaran 2004 / 2005
Kelas |
Putra |
Putri |
Jumlah |
1 |
16 |
23 |
39 |
2 |
20 |
25 |
45 |
3 |
24 |
23 |
47 |
4 |
27 |
16 |
43 |
5 |
19 |
20 |
39 |
6 |
21 |
17 |
38 |
Jumlah |
127 |
124 |
251 |
VISI :
TERCIPTANYA SISWA YANG TERDIDIK, BERPRESTASI DAN BERPERILAKU AKHLAKUL KARIMAH
MISI :
Meningkatkan Profesionalisme Guru dalam mendidik siswa yang dijiwai ajaran Agama Islam
Mendorong dan membantu siswa mengenali potensi dirinya sehingga dapat dikembangkan secara optimal .
Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif
Membiasakan siswa berakhlakul karimah dalam kehidupan sehari-hari.
TUJUAN :
Memberikan bekal kemampuan dasar “ Baca , Tulis , Hitung ” pengetahuan dan ketrampilan dasar yang bermanfaat bagi siswa,memberikan bekal kemampuan dasar tentang pengetahuan agama Islam dan pengamalanya sesuai dengan tingkat perkembangan serta mempersiapkan mereka untuk mengikuti pendidikan dijenjang selanjutnya.
0 comments:
Posting Komentar